Beranda Aparatur Buat Gebrakan Baru, Calon Kapolri Listyo Sigit Hapus Tilang di Jalanan

Buat Gebrakan Baru, Calon Kapolri Listyo Sigit Hapus Tilang di Jalanan

Calon Kapolri Baru, Listyo Sigit Prabowo

Sabtu, 23 Januari 2021

Investigasipos.com | Jakarta – Calon Kapolri Baru Komjen Listyo Sigit Prabowo berencana akan menghapuskan tilang di jalanan dan akan melakukan penegakan hukum berbasis elektronik atau disebut elektronik tilang (ETLE).

Hal tersebut disampaikannya dalam uji kepatutan dan kelayakan yang di gelar Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (20/01/2021) lalu.

“Khusus lalu lintas, penindakan dan pelanggaran, secara bertahap akan kita depankan melalui mekanisme penegakan hukum berbasis Elektoronik atau disebut ETLE (Tilang elektronik),” ucap Listyo.

Listyo menjelaskan, ETLE ini bertujuan untuk mengurangi interaksi dalam proses penilangan, guna menghindari terjadinya penyimpangan saat anggota Satlantas melaksanakan proeses penilangan tersrbut.

“Nantinya saya inginkan polisi lalu lintas turun ke lapangan, mereka hanya mengatur lalin yang macet dan tidak perlu melakukan tilang,” tegas Calon Kapolri baru ini.

Dengan cara ini, Listyo berharap bisa menjadi ikon dan membantu perubahan perilaku anghota Polri yang rusak khususnya di sektor pelayanan masyarakat.

“Ini kita harapkan menjadi icon perubahan prilaku polri, khususnya di sektor pelayanan lini terdepan, khususnya dilalulintas,” pungkasnya

Menangapi Pernyataan Kapolri Baru Listyo Sigit Prabowo tersebut Serempak menjadi buah bibir dan di komentari sejumlah netizen. Beberapa diantaranya menilai tidak semua pelanggaran dapat ditindak dengan sistem ETLE.

Namun dari pendapat lain membenarkan dan menyetujui kebijakan mantan Kapolda Banten tersebut karena dianggap dapat mengurangi penyimpangan oleh oknum Satlantas dalam penegakan pelanggaran lalu lintas.

Karena menurut sejumlah netizen, saat ini petugas lalulintas banyak yang memungkinkan mereka mengamankan pelangar secara tatap muka dan disamping itu jelas nantinya ada ketidakbenaran di lapangan,” tulis Netizen. (Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here