Beranda Berita Lingga Bupati Buka Kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Lingga

Bupati Buka Kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Lingga

Bupati Buka Kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Lingga

Kamis, 01 April 2021

Investigasipos.com| Lingga (KEPRI) – Dalam rangka mendukung upaya percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Lingga, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lingga menggelar rembuk stunting tahun 2021 di Aula Kantor Bupati Lingga, Kamis (1/4)Kegiatan rembuk stunting ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Lingga, Kepala Bappeda,Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Kepala OPD, Camat, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tamu undangan.

Bupati Lingga M. Nizar dalam arahannya mengatakan upaya untuk penurunan Stunting bukan hanya kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan saja tetapi juga berkaitan dengan air bersih, sanitasi layak, ketahanan pangan keluarga dan pola asuh dalam keluarga. Sehingga menurutnya semua sektor terkait termasuk tim penggerak PKK juga mempunyai tanggung jawab yang sama dalam penurunan stunting.

Bupati Lingga menyebutkan untuk menurunkan stunting perlu integrasi antara intervensi spesifik yang dilakukan oleh bidang kesehatan dan intervensi sensitif yang dilakukan oleh non kesehatan.

“Karena itu bicara stunting bukan hanya soal gizi tetapi juga soal lain misalnya ketersediaan air bersih, sanitasi layak dan lain – lain. Jadi perlu konvergensi stunting yang melibatkan semua sektor terkait dan masyarakat” ujar M. Nizar.

Lebih lanjut dia menambahkan ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar semua proses penanggulangan stunting bisa berjalan sukses yakni komitmen bersama, kampanye, konvergensi program, akses pangan bergizi dan monitoring program.

“Untuk mempermudah pemahaman, setiap pelaku serta memfokuskan kegiatan konvergensi pencegahan stunting di desa bagi sasaran rumah tangga, dan perlu beberapa intervensi diantaranya konseling gizi terpadu, air bersih dan sanitasi, jaminan sosial dan kesehatan, pendidikan anak usia dini dan kesehatan ibu dan anak” tutup beliau.

Selesai memberikan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama rembuk stunting Kabupaten Lingga oleh Bupati Lingga. (Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here