Ini cara Pemerintah Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Wabah Corona

Ini Cara Pemerintah Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Wabah Corona

Sabtu, 29 Februari 2020, 18:00 wib/ Kontributor: Arianto/ Editor: M. Sukur

Investigasipos.com. JAKARTA- Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Dany Amrul Ichdan menungkap beberapa cara pemerintah Indonesia mempertahankan prtumbuhan ekonomi  di tengah bencana wabah virus corona.

Adapun diantaranya adalah, meningkatkan belanja pemerintahan baik melalui proyek infrastruktur yang padat karya, padat modal, dan padat penyerapan tenaga kerja. Itu penting untuk perputaran uang berjalan optimal di masyarakat,” kata Dany dalam diskusi dikawasn Menteng, Jakpus Sabtu (29/02).

Langkah selanjutnya, pemerintah memberikan insentif pada sektor pariwisata. Salah satunya dengan memberikan diskon sebesar 30-35 persen untuk tiket pesawat.

“Pemerintah juga memberikan insentif kepada sektor pariwisata dengan memberikan paket diskon 30 sampai 50 persen untuk tiket pesawat guna menggerakan laju pariwisata,” ucapnya.

Kemudian, pemerintah terus menambah bantuan jaminan sosial serta penurunan suku bunga kredit.

“Kita harus hidupkan sentra-sentra ekonomi di daerah agar ekonomi bisa tetap berjalan. Karena pendapatan nasional itu harus tetap dijaga, bahwa dampak ekonomi ini dapat memberikan indikasi kepada penurunan pendapatan nasional,” ujar Dany.

Dany sadar keberadaan virus corona akan mempengaruhi gross domestic product (GDP) atau nilai barang dan jasa suatu negara. Ia pun berharap penurunan itu tak lebih dari 0,3 persen.

“Kita jaga agar penurunan GDP ini tidak terlalu siginfikan dropnya kalau dapat 0,2 sampai 0,3 persen. Nah itu dengan mengoptimalkan belanja pemerintah,” tuturnya.

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *