Beranda Internasional Dapat Kepercayaan Mayoritas Dewan, Muhyiddin Yassin Dipilih sebagai PM Malaysia

Dapat Kepercayaan Mayoritas Dewan, Muhyiddin Yassin Dipilih sebagai PM Malaysia

Dapat Kepercayaan Mayoritas Dewan, Muhyiddin Yassin Dipilih sebagai PM Malaysia

Sabtu, 29 Februari 2020, 17.30 WIB/ Kontributor: Arianto/ Editor: M. Sukur

Investigasipos.com. JAKARTA – Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah, memilih mantan menteri dalam negeri Muhyiddin Yassin sebagai perdana menteri yang baru, menggantikan Mahathir Mohamad.

Keputusan Raja ini sangat mengejutkan berbagak pihak, sebab Mahathir lebih diunggulkan oleh mayoritas anggota parlemen Dewan Rakyat, termasuk dari koalisi Pakatan Harapan. Sementara Muhyiddin didukung oleh Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) serta beberapa kelompok dengan jumlah suara kecil.

Meski Mahathir yang lebih unggul ketimbang Muhyiddin, Namun keputusan memilih perdana menteri Malaysia tetap berada di tangan Raja bukannya parlemen.

Dalam pernyataan, Istana Negara mengungkapkan bahwa Raja sebelumnya menerima nama-nama calon perdana menteri yang diusulkan para pemimpin partai politik serta mendapat masukan dari setiap anggota Dewan Rakyat.

“Setelah mendapatkan calon dari semua ketua partai politik serta anggota Dewan Rakyat, menurut Seri Paduka Baginda, yang mendapat kepercayaan mayoritas anggota Dewan Rakyat adalah YB Tan Sri Mahiaddin Bin Md Yasin (Muhyiddin), anggota parlemen Pagoh,” bunyi pernyataaan, yang diterima di Jakarta.

Dilanjutkan, sesuai dengan aturan, Muhyiddin akan dilantik atau diambil sumpahnya pada Minggu (1/3/2020), pukul 10.30 waktu setempat di Istana Negara. Titah Raja soal pelantikan tak boleh dilanggar demi kesejahteraan seluruh rakyat Malaysia,” jelas Istana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here