Beranda Internasional Cari PM Baru, Raja Malaysia Wawancarai Satu Persatu Anggota Parlemen

Cari PM Baru, Raja Malaysia Wawancarai Satu Persatu Anggota Parlemen

Cari PM Baru, Raja Malaysia Wawancarai Satu Persatu Anggota Parlemen

Selasa, 25 Februari 2020, 22:00 wib/ Kontributor: Rafiel/ Editor: Muhamad Sukur

Investigasipos.com. Malaysia – Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah akan bertemu dengan semua anggota parlemen Dewan Rakyat terkait gonjang-ganjing politik pasca pengunduran diri Mahathir Mohamad.

Pertemuan tersebut terkait penentuan perdana menteri (PM) baru, di mana bola anggota parlemen punya peran penting sesuai amanat konstitusi. PM baru harus mendapat dukungan setidaknya 122 anggota Dewan Rakyat dari total 222 kursi.

Pengawas kerumahtanggaan kerajaan Ahmad Fadil Shamsuddin mengatakan, Sultan Abdullah akan mewawancarai satu per satu anggota parlemen dalam 2 hari guna mendapatkan pandangan dan umpan balik dari mereka tentang perkembangan politik negara.

Semua anggota parlemen diundang untuk menghadiri wawancara pribadi dengan Raja. Wawancara digelar sangat singkat, yakni hanya 2 hingga 3 menit per orang.

Proses wawancara akan dilakukan secara pribadi oleh Raja dan akan disaksikan Kepala Sekretaris Pemerintah Mohd Zuki Ali.

“Semua akan dipanggil, tidak ada yang pengecualian,” kata Ahmad Fadil, dikutip dari The Star, Selasa (25/2/2020).

Gelombang pertama, pada Selasa, ada 90 anggota parlemen yang bertemu Sultan Abdullah. Sementara sisanya akan bertemu besok. Mereka dipanggil secara acak, tidak berdasarkan partai. Wawancara pada Selasa diperkirakan akan berlangsung sampai pukul 19.00 waktu setempat.

Ini merupakan pertama kalinya Raja Malaysia mewawancarai semua anggota parlemen secara pribadi.

Ahmad Fadil menambahkan, Raja dapat menunjuk PM yang dalam penilaiannya mendapatkan kepercayaan dari mayoritas anggota parlemen, sesuai sesuai dengan Pasal 43 Ayat (2a) Konstitusi Federal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here