Kalau Berfikir Merdeka Itu Ekonomi, Bantulah Sesama Untuk Memerdekakan Ekonominya

INVESTIGASIPOS | SURABAYA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 73, GusDurian Surabaya gelar Forum 17an, dikemas dengan Talkshow Kebangsaan. Yang mengangkat tema “Serius Kita Sudah Merdeka?”.

Acara tersebut dilaksanakan di ruang Youth Com Lt. 4 Gedung GPPS Jemaat Sawahan, Jl. Bromo I/11, Surabaya. Jumat, (17/08/2018) malam.

Dr. Abigail dalam forumnya mengatakan, 73 tahun genap belum cukup tua, sudah banyak melewati hal apakah perbedaan sungguh-sungguh nyata di kehidupan masyarakat. “Khususnya tema kali ini, terkait demokrasi dan seputar penegakan demokrasi serta kedaulatan HAM masih menjadi hantu di negeri ini. Perlu setiap orang selalu berusaha untuk menegakkannya.” Tegasnya.

Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Ahmad Zainul Hamdi, ia mengatakan, apakah

Serius merdeka? Tentu saja merdeka itu susah, meredeka itu bebas dari penjajahan. “Sebenarnya kemerdekaan lebih mengenai HAM, tapi perlu kita apresiasi, karena Indonesia satu-satunya negara di ASEAN yang miliki komisi nasional hak asasi manusia.” Pungkasnya.

Sementara itu, Pendeta GKI Darmo Satelit Surabaya, Andri Purnawan juga mengungkapkan dalam forumnya,” berfikir kemerdekaan, masih cenderung dengan kemerdekaan ekonomi. “Kalau tetap berfikir seperti itu, yasudah bantu fasilitasi mereka yang kurang merdeka di ekonominya. Karena mereka punya HAM untuk hidup yang layak.” Tuturnya.

Terakhir, Putri ke-4 Alm. Gus Dur, Inaya Wahid juga menambahkan, “Diamati problematika kebangsaan saat ini, masih banyak yang menjadi tiran lokal. Oleh sebab itu, tindak tegas dan keras terhadap perusak HAM. “Jangan takut untuk saling mengingatkan, karena kebebasan HAM juga harus sesuai dengan konstitusi dan filosifi bangsa.” Tambahnya.

Red : Arianto

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *