Beranda Kepri Manfaatkan Situasi, Abdul Hamid. Pinta Natuna Jadi Provinsi Khusus

Manfaatkan Situasi, Abdul Hamid. Pinta Natuna Jadi Provinsi Khusus

Manfaatkan Situasi, Abdul Hamid. Pinta Natuna Jadi Provinsi Khusus

Investigasipos.com, Kepri. Di tengah memanasnya hubungan China dan Indonesoa, terkait laut Natuna Utara. Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal. Malah mencuri kesempatan, meminta Pemerintah Pusat menjadikan Natuna sebagai Provinsi Khusus.

Usulan itu dilontarkan dengan alasan untuk memudahkannya menanggapi dan menangani persoalan-persoalan banyaknya kapal asing yang mencuri ikan di Perairan Natuna. Sabtu (04/01/20)

Baca juga : Edy Sofyan Sebut, Nurdin Basirun Suka Bagi-bagi Uang

Menurut, Abdul Hamid. Saat ini Pemerintah Kabupaten Natuna, tidak bisa berbuat banyak untuk menanggulangi banyaknya pencurian ikan oleh pihak asing di kawasan perairan mereka.

Pasalnya, berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pemerintah kabupaten kota tidak memiliki kewenangan terhadap perairan laut,” jelas Abdul Hamid.

Jika saja Natuna dijadikan sebagai provinsi khusus, maka akan ada peningkatkan kewenangan dalam mengelola, mengawal dn menjaga wilayah pantai dan laut di Natuna khususnya di wilayah perbatasan yang kini merupakan kewenangan Provinsi Kepri.

Baca juga : Akibat Asap Genset, 4 Nyawa Satu Keluarga Melayang

Kami mendukung pemerintah dalam kesiapannya menjaga kedaulatan Indonesia, dengan mengirimkan TNi dalam jumlah besar ke Natuna.

Hal ini tentunya untuk memantau, dan mencegah setiap upaya gangguan kedaulatan terhadap wilayah Republik Indonesia di Laut Natuna Utara,” tutur Abdul Hamid dalam keterangan tertulisnya, Jumat (03/01/20).

Wak Kur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here