Beranda Kepri Masyarakat Nelayan Sambut Baik Rencana Pemprov Kepri Realisasi Budidaya Hasil Laut

Masyarakat Nelayan Sambut Baik Rencana Pemprov Kepri Realisasi Budidaya Hasil Laut

Masyarakat Nelayan Sambut Baik Rencana Pemprov Kepri Realisasi Budidaya Hasil Laut (Pt DKP Kepri)

Minggu, 14 November 2021

Investigasipos.com l Kepri – Upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, mempercepat Pembangunan Pengembangan Perikanan khususnya di Provinsi Kepulauan Riau disambut baik masyarakat nelayan.

Mereka pun meminta agar Pengembangan Budidaya hasil laut seperti Budidaya ikan, Rumput laut, Udang dan Teripang secepatnya direalisasikan Pemerintah agar masyarakat khususnya di Kepri sejahtera.

Semoga dengan program budidaya ini Pemprov Kepri dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi nelayan lokal khususnya Pembudidaya ikan, Rumput laut, Udang dan Teripang,” ucap Muhammad Sukur salah satu Pegiat Anti Korupsi Cinta NKRI.

Tidak sampai disitu Sukur juga meminta agar Pemprov Kepri mencarikan solusi yang jelas tentang penjualan dan pemasaran hasil budidaya tersebut sehingga pembudidaya merasa di untungkan dengan program Budidaya hasil laut itu.

“Agar hasil budidayanya benar-bena dirasakan oleh nelayan (Pembudidaya red), Pemerintah Provinsi perlu menyiapkan pasar penjualan yang baik dan jelas agar harga yang diperoleh dari hasil budidaya sesuai harapan,” pungkas Sukur memberi masukan.

Sebelumnya dikabarkan Pemprov Kepri meminta agar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mendata titik yang layak untuk pengembangan budidaya hasil laut di 7 kabupaten/ Kota se Kepri.

Penjabat Sekdaprov Kepri, Lamidi mengatakan dengan dukungan program-program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, percepatan pembangunan pengembangan Perikanan seperti budidaya ikan, rumput laut, udang dan teripang dapat menjadikan Kepri yang sejahtera.

Dengan memiliki 2.408 pulau dan sebanyak 387 pulau yang berpenghuni,
Lamidi meyakini dengan kondisi geografis seperti itu Kepri memiliki potensi perikanan yang luar biasa.

Minimal kita ada sekitar 387 titik yang berpotensi menjadi lahan budidaya. Apabila ada masyarakat tinggal di pulau itu berarti ada tempat-tempat yang layak untuk dikembangkan.

“Baru setelah diidentifikasi, kami dapat mengusulkan kepada KKP agar pihak Kementerian mengetahui bahwa terdapat potensi besar budidaya perikanan di Provinsi Kepri.

“Lalu nantinya bisa didukung dengan program- programnya,” kata Pj. Sekda saat menghadiri Rapat Teknis Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI bersama DKP Se-Provinsi Kepri di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Dompak, Jumat (12/11) dilansir dari Tribunbatam.id. (Holo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here