Polda Kepri Amankan 5 Pelaku Penjual Telur Penyu yang Dilindungi Negara

Polda Kepri Amankan 5 Pelaku Penjual Telur Penyu yang Dilindungi Negara

Senin, 16 Maret 2020, 21.00 wib/ Kontributor- Editor: Muhamad Sukur

Investigasipos.com. BATAM – Kepolisian Polda Kepri berhasil mengamankan 5 (lima) orang pelaku penjual 1.007 butir telur Penyu yang dilindungi Negara. ke limanya diamankan di Tg. pinang dan Batam.

Dalam penjelasannya, Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Kepri, AKBP Wiwit Ari Wibisono mengatakan, para pelaku dalam melakukan kegiatan penjualan telur penyu ini sudah bekerja dlm beberapa tahun.

“Kelima orang yang kita amankan ini hanya menampung bukan mencari sendiri dan mereka menjual secara pribadi,” terang Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Kepri, AKBP Wiwit Ari Wibisono.

Untuk para pelaku akn disangkakan pasal 40 ayat (2) dan/ atau ayat (4) Jo pasal 21 ayat (2) huruf e, UU – RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dengan denda paling banyak Rp 100.000.000 (Seratus juta rupiah).

“Untuk saat ini, Kepolisian Polda Kepri sudah berkoordinasi dengan Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Batam dan Balai Konservasi Sumber Daya Seksi Konservasi Wilayah II Batam,” kata AKBP Wiwit Ari Wibisono.

Kasubdit IV Ditreskrimsus ini juga menjelaskan, Sebelumnya Kepolisian Polda Kepri sudah mengikuti perkembangan penyuka telur penyu ini dari bulan Januari 2020 yang lalu.

“Laporan terkait penjualan telur Penyu ini, perkembangannya sudah kita ikuti dari bulan Januari 2020 lalu dan baru kini kita berhasil mengamankannya,” ungkap Wiwit.

Sementara itu, Subdit IV Ditreskrimsus melalui Wadir Krimsus, AKBP Nugroho Agus Setiawan dalam konferensi pers yang digelar di Media Center Polda Kepri, Senin (16/3/20) mengatakan.

Sebanyak 1.007 butir telur penyu yang kita amankan didapat dari tiga lokasi diantaranya, rumah makan Cahaya Baru di Tanjungpinang, Pelabuhan Internasional Batam Center dan di Nagoya, Batam.

Kita juga telah mengamankan lima orang dari pengungkapan kasus ini. Yaitu Daud (47 thn), Janiar (62 thn), Deli Jon Efendi (26 tahun), Alex Khandra (36 thn) dan Benny Febrian (29 thn),” kata Wadir Krimsus, AKBP Nugroho Agus Setiawan.

Wadirkrimsus yang didampingi Kasubdit Penmas Humas Polda Kepri itu mengatakan, kelima pelaku tersebut saat itu merupakan penjual telur penyu.

“Saat ini petugas kepolisian sudah melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang mengambil telur penyu untuk didistribusikan kepada ke 5 pelaku yg sudah kita amankan. Dan untuk Identitas pelaku sudah kita kantongi,” tutup AKBP Nugroho.

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *