Tim Gabungan Satgas TPPO Polri Tangkap Pelaku Pembunuhan WNI, ABK Kapal Lu Huang Yuan Yu 118

Tim Gabungan Satgas TPPO Polri Tangkap Pelaku Pembunuhan WNI, ABK Kapal Lu Huang Yuan Yu 118 (Foto: Bareskrim Polri).

Sabtu, 11 Juli 2020, 15.00 Wib

KEPRI – Investigasipos.com. Tim Gabungan Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang TPPO Bareskrim Polri bersama Polda Kepulauan Riau menangkap pelaku penganiayaan terhadap Hasan Apriyadi, anak buah kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 118.

Penangkapan tersebut dilakukan terhadap Song Chuanyun (50 tahun) yang merupakan mandor di atas Kapal Lu Huang Yuan Yu 118 yang berlabuh di Dermaga Lanal Batam pada Jumat, 10 Juli 2020 oleh Tim TPPO dan Polda Kepri.

“Kita sudah mengamankan Pelaku Pembunuhan atas nama Song Chuanyun (50 tahun) diatas Kapal Lu Huang Yuan Yu 118 yang berlabuh di Dermaga Lanal Batam pada Jumat, 10 Juli 2020,” ucap Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Ferdy Sambo.

Saat ini tersangka atas nama Song Chuanyun (50 tahun) beserta beberapa barang bukti telah kita amankan di Ditreskrimum Polda Kepri untuk penyidikan lebih lanjut.

Adapun barang-barang bukti yang disita berupa satu pasang sepatu safety warna hitam dengan bercak cat, satu kunci pas nomor 24, satu tongkat kayu, dan satu bandul pancing yang terbuat dari bahan besi.

“Atas perbuatannya tersebut, pelaku akan dijerat UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan rumusan Pasal 351 ayat 3 subsider ayat 2, lebih subsider ayat 1 KUHP,” terang Brigjen Ferdy.

Sebelumnya, Jenazah Hasan Apriadi berhasil dievakuasi dari atas kapal Lu Huang Yuan Yu 118 pada hari Rabu 08 Juli 2020 sekitar pukul 17.50 Wib setelah kapal tersebut diamankan oleh KRI Bubara 868 di demaga Lanal Batam

Proses evakuasi tersebut berlangsung cepat, Jenazah Hasan Apriadi langsung dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri untuk dilakukan otopsi.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) Laksamana Pertama (P) Indarto Budiarto mengatakan , penindakan ini dilakukan setelah adanya informasi dari keluarga korban bahwa Apriadi (Keluarganya) telah meninggal dunia diatas kapal Lu Huang Yuan Yu 118

Atas laporan tersebut, melalui KRI Bubara 868 dengan semua unsur tim gabungan berhasil mengamankan kapal tersebut di perairan Nipa dan saat diamankan, jenazah Hasan Apriadi ditemukan di dalam mesin pendingin kapal Lu Huang Yuan Yu 118.

“Kami amankan tadi siang, Rabu 08 Juli 2020 sekitar pukul 17.50 Wib di perairan Nipa dengan semua unsur tim gabungan,” tutur Indarto, Rabu (08/07/20).

Kontributor : Abdullah            Penulis : Muhamad Sukur

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *