Beranda Berita Tanjungpinang Wako Rahma Harapkan Keterwakilan Perempuan Meningkat Pada Pemilu 2024

Wako Rahma Harapkan Keterwakilan Perempuan Meningkat Pada Pemilu 2024

Wako Rahma Harapkan Keterwakilan Perempuan Meningkat Pada Pemilu 2024

Rabu, 21 Desember 2022
Oleh : Muhammad Sukur

TANJUNGPINANG l lnvestigasipos.com – Ratusan perempuan yang terdiri dari kalangan perwakilan organisasi, akademisi, profesi, forum RT/RW, dan juga pelaku usaha mengikuti seminar “Kongres Perempuan Hebat Kota Tanjungpinang, yang pertama kalinya di Gedung Asrama Haji Tanjungpinang, Selasa (20/12).

Dalam seminar yang diikuti para perempuan dari sejumlah perwakilan di Kota Tanjungpinang, tmembahas isu-isu strategis terkait peran dan peranan para perempuan dalam bidang politik, tehnoligi, ekonomi, kewirausahaan, serta pendidikan dan keluarga.

Untuk partisipasi perempuan dalam politik, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan saat ini perempuan telah diberi ruang agar bisa berpartisipasi dalam bidang politik. Apalagi adanya pemberlakuan kuota pencalonan perempuan minimal 30%.

“Kita bersyukur ada kuota pencalonan perempuan minimal 30%, dan ini menunjukkan bahwa sudah ada nya penyetaraan Atar lelaki dan perempuan. Selain itu Undang-Undang kita juga telah menghadirkan perempuan dalam politik,” ucap Wako Rahma

Saya berharap kaum perempuan harus bergerak dan berjuang bersama, kesempatan perempuan dalam politik menurutnya harus mampu memberikan solusi dan menawarkan manfaat yang baik bagi kaum perempuan,” tambahnya.

Melalui kongres ini Wako Rahma berharap kepada para peserta agar mampu memperluas wawasan dan pemahaman politiknya supaya siap untuk maju sebagai calon legislatif di pemilu 2024, semakin banyak perempuan yang dapat ikut berpartisipasi akan semakin baik.

Ibu Asawani (52) salah satu peserta kongres, mengaku senang dapat mengikuti seminar perempuan hebat kota Tanjungpinang. Menurutnya, dalam kegiatan ini, banyak ilmu penting yang diperoleh dan menjadi penyemangat untuk lebih maju.

“Saya ibu rumah tangga. Tapi saya juga ingin jadi perempuan hebat seperti yang lain. Tidak saja hebat dalam berusaha, tapi juga sebagai ibu dan istri,” katanya, disela mengikuti seminar ekonomi dan kewirausahaan.

Dalam seminar tersebut hadir sebagai pembicara Wali Kota Tanjungpinang periode 2001-2013, Suryatati A. Manan, Dosen Stisipol, Neng Suryanti Ningsih, Ketua STIE Pembangunan, Charly Marlinda.

Adapula, Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Kepri, Ani Lindawati, Kepala Perwakilan BKKBN Kepri, Rohina, Forkomwil Puspa Kepri, Marliah Saridewi, dan Trainer Nasional Pendidkan Keluarga, Irawati Sadar.

Dari pandangan sejumlah narasumber dalam topik politik menyatakan bahwa perempuan adalah sosok penting untuk berpartisipasi dalam pemilu 2024. Peningkatan partisipasi perempuan diharapkan berkorelasi dengan pengambilan keputusan politik yang berkeadilan gender.

Setelah pemaparan dari pemateri, seminar dilanjutkan dengan diskusi, sharing, dan sesi tanya jawab.

Sumber : Diskominfo TPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here