Beranda Nasional Presiden Jokowi : Jika Kajian Selesai, Akhir Tahun Ini Kita Akan Nyatakan...

Presiden Jokowi : Jika Kajian Selesai, Akhir Tahun Ini Kita Akan Nyatakan Berhenti PSBB, PPKM

Presiden Jokowi katakan Jika Kajian Selesai Akhir Tahun ini Berhenti PSBB, PPKM

Rabu, 21 Des 2022 12:08 WIB
Oleh : Muhammad Sukur

lnvestigasipos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kajian penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pasca Pandemi Covid-19 akan selesai pada pekan ini.

“Jadi kembali ke PSBB, PPKM itu saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari Pak Menko maupun dari KemenKes dan saya kemarin memberikan target minggu ini harus sudah sampai ke meja saya,” kata Jokowi seperti dikutip dari detik.com, Rabu (21/12).

Jokowi berencana akan segera mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang penghentian PPKM. Karenanya kajian itu dia minta harus segera selesai pekan ini. Dia sangat berharap Keppres itu bisa diterbitkannya akhir tahun ini.

“Saya berharap seluruh kajian dan kalkulasi mengenai PPKM bisa siap dalam minggu- Minggu ini, Sehingga saya bisa menyiapkan Keputusan Presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. ungkap
Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi memberikan sinyal PPKM di Indonesia bakal berakhir pada akhir tahun dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023 seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/12/2022).

Jokowi awalnya mengingatkan mengenai perjuangan Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19. Saat itu harian delta kita mencapai 56 ribu kasus. Lalu sejumlah pihak mengusulkan agar Indonesia menerapkan lockdown. Namun Presiden Jokowi kukuh pada keputusannya untuk tidak memberlakukan lockdown.

“Saat itu saya ingat hampir 80 persen menteri menyarankan saya untuk lockdown, termasuk masyarakat juga menyampaikan hal yang sama. Kalau itu kita lakukan saat itu mungkin ceritanya akan lain sekarang ini,” ujar Jokowi.

Tak lama berselang kemudian Indonesia menghadapi varian baru, yaitu Omicron. Dan kita (Indonesia) tetap tenang menghadapinya sehingga kasus COVID-19 bisa dikendalikan. Kasus COVID-19 pada harian kemarin berada di angka seribuan dan ini telah pulih.

“Kemarin kasus harian kita berada di angka 1.200 dan hampir sudah normal dan mungkin nanti pada akhir tahun barulah kita akan menyatakan berhenti PSBB, PPKM,” pungkas PresidenJoko Widodo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here