Beranda Internasional 78 WNI, Dikapal Pesiar Diamond Princess Terimbas Virus Korona

78 WNI, Dikapal Pesiar Diamond Princess Terimbas Virus Korona

Investigasipos.com. JAKARTA – Otoritas Jepang mengarantina Kapal Diamond Princess di Perairan Yokohama setelah ditemukan sejumlah penumpangnya terinfeksi virus Corona baru (2019-nCoV). pada Jumat 07 Februari 2020 lalu.

Peristiwa ini membuat Kementerian Luar Negeri Indonesia turut waspada. Sebab, dalam kapal mewah itu terdapat 78 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai ABK Kapal.

BACA JUGA : WHO Khawatir, Indonesia Belum Laporkan Satu pun Kasus Virus Korona

Pemerintah melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jepang juga telah menjalin komunikasi dengan kru tersebut serta memantau terus para WNI

”WNI tersebut saat ini dalam keadaan sehat. KBRI terus memantau kondisi mereka dan memberikan bantuan yang diperlukan,” bunyi pernyataan resmi Kemlu, Minggu (09/02/2020) .

Kemlu menambahkan, KBRI Tokyo juga berkoordinasi dengan otoritas setempat. Sesuai protokol kesehatan, proses karantina dilakukan selama 14 hari terhitung sejak 05 Februari 2020.

BACA JUGA : Tentang Wabah Virus Korona, Taiwan Desak China Rillis Semua Informasi

Pihak kapal telah menyediakan kebutuhan logistik, layanan telepon dan internet gratis untuk memudahkan awak dan penumpang berkomunikasi dengan keluarganya.

”Seluruh penumpang yang positif terinfeksi telah dipindahkan dan diisolasi di rumah sakit di Prefektur Kanagawa,” kata Kemlu.

Jepang mengarantina kapal Diamond Princess setelah seorang penumpang yang turun dari kapal tersebut dinyatakan positif terjangkit virus korona. Penumpang tersebut turun di Hong Kong pada 25 Januari 2020 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here