Beranda Nasional Contoh Surat

Contoh Surat

Surat Pengaduan ke Polisi, Cara Membuatnya dan Prosedur yang Benar

Dalam kehidupan sehari-hari, bukan tidak mungkin kita akan mengalami tindak pidana atau menemui tindak kriminal. Jika ini terjadi, jangan diam saja atau justru main hakim sendiri. Serahkan tindak kejahatan tersebut kepada pihak yang berwenang, yakni lembaga kepolisian.

Pada prinsipnya, pelaporan tindak pidana perlu dilaporkan di kantor polisi terdekat. Mulai dari tingkat kecamatan (kepolisian sektor), kabupaten/kota (kepolisian resor/kota besar), provinsi (kepolisian daerah), hingga tingkat nasional (Markas Besar Polri).

Setelahnya, kamu bisa menuju ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Bagian ini bertugas memberikan pelayanan terhadap laporan atau pengaduan masyarakat. Biasanya akan ada petugas yang membantu menyusun surat pelaporanmu dengan langsung melakukan tanya jawab.

Bisa pula jika kamu langsung menggunakan surat pengaduan ketika datang ke kantor polisi untuk memudahkan kepolisian merumuskan laporanmu. Tentu saja ini berfungsi untuk lebih mempemudah penyelesaian pelaporan yang kamu lakukan. Untuk diketahui, semua pelaporan tidak dipungut biaya apapun.

Datang ke kantor polisi terasa sulit dan merepotkan? Atau kamu merasa tidak aman datang sendirian? Kini kepolisian telah memberi kemudahan berupa pelaporan secara online dengan aplikasi PolisiKu. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Google Play atau App Store.

Dengan fitur Halo Polisiku di dalamnya, kamu bisa melaporkan tindak kriminal dari mana saja dan kapan saja. Tak hanya itu, ada juga informasi kantor polisi terdekat serta informasi lainnya, misal layanan SIM.

Dalam sejumlah kondisi, mungkin surat pengaduan diperlukan. Berikut ini salah satu contoh surat pengaduan ke polisi untuk menambah referensimu. Kamu bisa sesuaikan isinya tergantung kebutuhan dan kondisi yang dialami. Di bawah ini adalah contoh surat pengaduan barang yang rusak.

Yth. Bapak Kapolsek Depok

di Sleman

Hal: Laporan Penipuan atas Penerimaan Barang Rusak (bisa diganti sesuai perkara yang kamu alami)

Lamp: 1 halaman

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Tiara

Jenis kelamin: Perempuan

No. KTP: 12345678901234

Alamat: Jl. Dadali No. 6, Depok, Sleman

No. Telp: (0274) 123456

Dengan ini melaporkan pihak yang saya sebutkan namanya di bawah ini:

Nama: Joker

Jenis kelamin: Laki-laki

Alamat: Jl. Gotham No. 1, Depok, Sleman

No. Telp: (0274) 654321

Saudara Joker telah melakukan tindak penipuan berupa penjualan barang senilai Rp5.000.000, yang telah diterima dengan kondisi cacat atau rusak. Di mana, pihak penjual menjanjikan untuk memberikan ganti rugi dalam jangka waktu 1 bulan dengan mengirimkan barang baru. Namun, hingga saat ini, atau terhitung 3 bulan sejak peminjaman, pihak yang bersangkutan belum menunjukkan iktikad baik untuk mengirimkan barang pembelian kembali .

Sebagai bukti, saya lampirkan faktur pembelian barang dan bukti chat pembeli kepada penjual, di mana calam chat tersebut dijelaskan bahwa penjual akan melakukan pengiriman barang maksimal 1 bulan dari chat tersebut dilakukan.

Demikian pengaduan ini saya buat. Besar harapan saya agar pihak kepolisian dapat mempermudah penyelesaian persoalan ini hingga tuntas. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Sleman, 26 Oktober 2019

Hormat saya,

Tiara

Pelapor

Jadi, jangan takut dan jangan ragu. Ada banyak jalan mudah untuk turut serta membantu menjaga situasi lingkungan yang aman dan kondusif. Salah satunya dengan melaporkan tindak pidana segera ke pihak kepolisian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here