Beranda Berita Korupsi Dugaan Korupsi Rp1,2 Triliun PT WBP, Naik Ketahap Penyidikan Kejagung

Dugaan Korupsi Rp1,2 Triliun PT WBP, Naik Ketahap Penyidikan Kejagung

Kamis, 1 Juni 2022                          Kontributor : Johan

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana

Investigasipos.com l Kasus Perkara dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan dan atau penyelewengan dalam penggunaan dana PT. Waskita Beton Precast tahun 2016-2020 naik ketahap penyidikan.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana mengatakan, meningkatkan kasus tersebut ke tahap penyidikan berdasarkan surat perintah penyidikan per tanggal 17 Mei 2022.

“Resmi menaikkan status perkara dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan dan atau penyelewengan dalam penggunaan dana PT. Waskita Beton Precast pada tahun 2016-2020 menjadi tahap penyidikan,” kata Sumedana di Kejaksaan Agung, Selasa, 31 Mei 2022.

Selain itu, Kapuspenkum Kejagung ini menyebutkan, hingga ke tahap ini, Tim penyidik sudah memeriksa sebanyak 17 orang. Dan dari hasil penyelidikan sementara, ada lima objek yang menjadi fokus pengungkapan.

Adapun diantaranya terkait dugaan penyelewengan dana proyek pembangunan Jalan Tol Kriyan-Legundi, Bunder, dan Manyar atau Tol KLBM di Jawa Timur periode tahun 2016-2020.

Selanjutnya Tim juga akan mendalami tentang pengadaan bahan-bahan material seperti pasir dan bebatuan split yang melibatkan sejumlah perusahaan swasta serta soal pengadaan dan transaksi jual beli lahan di Bojonegara, Serang, Banten yang dilakukan oleh PT Waskita Beton Precast.

“Intinya dalam kasus ini adalah adanya dugaan penyimpangan, dan penyelewengan penggunaan dana pembangunan oleh PT Waskita Beton Precast sehingga merugikan negara mencapai Rp1,2 triliun,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here