Beranda Kepri Gelar Festival Budaya Tionghoa 2022, Dispar Kepri Kalaborasi Dengan ITM

Gelar Festival Budaya Tionghoa 2022, Dispar Kepri Kalaborasi Dengan ITM

Sabtu, 25 Juni 2022
Penulis: Muhammad Sukur

Festival Budaya Tionghoa di TCC Mall

KEPRI l Investigasipos.com – Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan riau (Kepri) berkalaborasi dengan Ikatan Tionghoa Muda (ITM) mengelar Festival Budaya Tionghoa 2022, Sabtu (25/06/2022).

Acara yang berlangsung digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (25 s/d 26 Juni) bertempat di Mall Tanjungpinang City Center (TCC), Kota Tanjungpinang, Kepri.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata, Dinas pariwisata Provinsi Kepri, A fitri Susanti S.PSI menyampaikan, kegiatan Festival Budaya Tionghoa tahun 2022, mengusung tema berakulturasi dengan budaya lokal Kepulauan Riau.

“Ini merupakan kegiatan perdana Dispar Kepri yang berkolaborasi dengan Ikatan Tionghoa Muda (ITM) untuk mengenal lebih jauh budaya Tionghoa, khususnya di Provinsi Kepri,” ucap AFitri kepada media, Kamis (23/6/22).

Di Kepri banyak budaya Tionghoa yang berkaitan erat dengan budaya lokal. seperti makanan khas mie tarempa ternyata setelah dikaji makanan tersebut merupakan akulturasi perpaduan antara budaya lokal dan Tionghoa.

Selanjutnya disampaikan dalam festival ini nantinya akan di hadirkan sejumlah tampilan kesenian dan budaya Tionghoa berupa penampilan barongsai serta pameran pakaian tradisional Tionghoa.

“Selain itu ada juga lomba mewarnai, fashion show kategori ibu dan anak serta ditambah dengan bazar kuliner Tionghoa,” ujarnya.

Dengan Festival ini kita berharap nantinya dapat mengenalkan budaya Tionghoa lebih jauh pada semua orang serta dapat menarik pengunjung terutama wisman dari Malaysia dan Singapura.

Kita harapkan pengunjung yang hadir lebih dari seribu orang.,” tutupnya dengan oftimis.

Terpisah, Ketua ITM Ediyanto, mengatakan, kegiatan Festival Budaya Tionghoa ini dirangkai dengan kegiatan lomba mewarnai dan juga fashion show dan bagi
masyarakat yang ingin berpatisipasi dalam lomba dapat menghubungi Hp
nomor 0811704550.

“Pendaftaran akan kita buka sampai hari H dengn biaya pendaftaran untuk lomba mewarnai sebesar Rp 25 ribu, dan fashion show sebesar Rp 50 ribu. Khusus lomba mewarnai akan berlangsung pada Sabtu, 25 Juni 2022 pagi. Sedangkan, lomba fashion show digelar sore harinya.

Sementara itu untuk hadiah yang disediakan oleh panitia untuk lomba mewarnai sebesar, juara 1 Rp 750 ribu, juara 2 Rp 500 ribu, juara 3 Rp 250 ribu, dan harapan 4 dan 5 sebesar Rp 150 ribu.

Selanjutnya untuk lomba fashion show hadiah yang di siapkan sebesar juara 1 Rp 2 juta, juara 2 Rp 1.5 juta, juara 3 Rp 1 juta, dan juara harapan 4-5 sebesar Rp 500 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here