Beranda Nasional Kapolri: Komjen Firli tak Perlu Mundur dari Keanggotaan Polri

Kapolri: Komjen Firli tak Perlu Mundur dari Keanggotaan Polri

 

Kapolri: Komjen Firli tak Perlu Mundur dari Keanggotaan Polri

Investigasipos.com, Jakarta. Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan,  Firli Bahuri tidak perlu mundur dari keanggotaan Polri. meski dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada akhir Desember 2019 nanti.

Menurut Kapolri, Filri hanya perlu meninggalkan jabatan struktural atau jabatan lainnya di kepolisian sebelum dilantik sebagai Ketua KPK, Selasa (03/12/2019).

UU No 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK). Pada Pasal 29 huruf i tentang persyaratan pimpinan KPK berbunyi, melepaskan jabatan struktural dan atau jabatan lainnya selama menjadi anggota Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Firli tidak harus mengundurkan diri sebagai anggota Polri. Tapi harus diberhentikan dari jabatannya,” sebut Kapolri Jenderal Idham Azis saat rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, beberapa minggu lalu.

Selain itu Kapolri juga katakan, dalam pasal tersebut juga tertulis, pimpinan KPK tidak boleh menjalankan profesinya selama berada di lembaga antirasuah.

Hal itu termaktub dalam Pasal 29 huruf j, yang berbunyi: “Tidak menjalankan profesinya selama menjadi anggota Komisi Pemberantasan Korupsi,” ungkapnya.

Sementara itu, saat ditanyai awak media terkait pelantikann serta program kerjanya di KPK kedepan seperti apa, firli menjawab, “saya siap mengemban tugas dan amanah tersebut.

“Saya juga akan profesional memimpin KPK sesuai dengan tugas pokoknya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019. Ada enam poin dalam Pasal 6,” tutupnya. (Ari)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here