Mendagri, Tito Karnavian. Ajak Pemda Sosialisasikan Tatanan New Normal

MenteriDalam Negeri Tito Karnavian. (Foto; Puspen Kemendagri)

Jumat, 26 Juni 2020 – 15.30 Wib

JAKARTA – Investigasipos.com. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengajak pemerintah daerah (pemda) untuk menyosialisasikan tatanan penerapan pola hidup baru atau New Normal kepada masyarakat.

Hal itu di karenakan para ilmuwan di seluruh dunia masih mencari formula khusus untuk vaksin Covid-19 ini, sementara kehidupan harus tetap berjalan, maka penerapan pola hidup baru atau New Normal perlu dilakukan.

Tito menjelaskan, dalam penerapan tatanan pola hidup baru atau New Normal, Pemerintah daerah lain bisa mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali yang melibatkan tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Baca juga : Kemenparekraf, Susun Protokol Kesehatan Bagi Pekerja Ditempat Wisata

“Untuk daerah yang bersifat homogen, sosialisasi dan penerapan New Normal bisa dilaksanakan dengan memaksimalkan kearifan lokal. Begitu pula dengan masyarakat yg heterogen selain kearifan lokal juga harus memaksimalkan cara-cara formal,” terang Tito

Selain itu, Pemerintah daerah juga perlu untuk melibatkan sektor swasta. Dukungan dari sektor swasta dari berbagai elemen tentunya akan dapat memudahkan daerah beradaptasi dengan tatanan normal baru (New Normal).

“Perlu melibatkan swasta di samping peran aktif dari pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan selama penerapan New Normal,” terang Mendagri, melalui keterangan tertulisnya, Jum’at (26/06/2020).

Baca juga : Masuki New Normal, Plt Wali Kota TPI Minta Semua Sektor Lakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat

Mendagri juga meminta agar Pemerintah daerah mengkaji kemungkinan sanksi hukum atau sanksi sosial yang di jatuhkan kepada pelanggar penerapan protokol kesehatan selama New Normal diberlakukan.

“Saya meminta Pemerintah daerah untuk mengkaji kemungkinan sanksi hukum atau sanksi sosial yang di jatuhkan kepada pelanggar penerapan protokol kesehatan selama New Normal diberlakukan,” tutupnya.

Kontributor Jakarta:  Johan  Pewarta:  Muhamad Sukur

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *