Beranda Kepri Pemerintah Akan Ambil Alih Tanah yang Diterlantarkan

Pemerintah Akan Ambil Alih Tanah yang Diterlantarkan

Pemerintah Akan Ambil Alih Tanah yang Diterlantarkan

Sabtu, 12 Juni 2021

Investigasipos.com | KEPRI – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menyebutkan, Pemerintah akan mengambil alih tanah-tanah yang sengaja diterlantarkan oleh pemiliknya.

“Tanah harus memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Satu-satunya manfaat tanah adalah tanah itu diusahakan. Kalau dibiarkan terlantar, itu tidak akan bermanfaat,” kata Sofyan membalas konfirmasi Wartawan terkait laporan warga petani di Lome, Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya dan Desa Malang Rapat Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan, Jumat (12/06)

Sopian menjelaskan, Ketentuan pengambilalihan tanah terlantar terdapat di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2010 tentang Penerbitan dan Pendayagunaan Tanah Terlantar.

Dalam PP tersebut, objek tanah yang bisa diambil alih meliputi tanah Hak Milik, Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB), Hak Pakai dan Hak Pengelolaan, namun jika tidak dipergunakan sesuai dngan ketentuan selama tiga tahun,” tegas Sopian Jalil.

Pemerintah wajib memberikan surat peringatan sebanyak tiga kali kepada pemegang hak tanah tersebut. Bila tidak ditanggapi, maka pemerintah baru bisa mengambil alih tanah terlantar tersebut.

“Apapun tanah terlantar, menurut ketentuan, bisa diambil alih, dibatalkan haknya kalau yang sudah punya hak. Untuk yang sudah dapat HGU/HGB dll tapi dibiarkan saja, kami nyatakan tanah terlantar,” kata Sofyan.

Saat ini sudah kami tekankan kepada pihak BPN disetiap daerah untuk lebih jeli dan tegas mengontrol serta memberikan teguran kepada siapa saja yang telah menelantarkan tanahnya. Apalagi ada pengaduan dari warga.

“Kita mau BPN didaerah memberikan peneguran kepada pihak- pihak yang memiliki ijin Hak Milik, Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB), Hak Pakai dan Hak Pengelolaan, namun tidak dipergunakan sesuai dngan ketentuan selama tiga tahun.

Menangapi Pengaduan masyarakat terkait tanah terlantar di Kabupaten Bintan, Kami (Kemen ATR/BPN) akan secepatnya melakukan tindakan. Akan kami Perintahkan Tim untuk mengeceknya,” pungkas Sopian. (Johan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here