Beranda Berita Batam Sambut Bulan Suci Ramadhan, Ini Aturan yang Disampaikan Walikota Batam

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Ini Aturan yang Disampaikan Walikota Batam

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Ini Aturan yang Disampaikan Walikota Batam

Rabu, 24 Februari 2021

Investigasipos.com | BATAM – Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan, Dalam menyambut bulan suci Ramdhan, pelaksanaan ibadah sholat tarawih boleh di mesjid dan mushola asalkan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Kami sepakat tarawih boleh dijalankan di mesjid dan mushola asalkan dengan protokol kesehatan menjadi prioritas,” ucap Rudi saat keluar dari ruang rapat Hang Nadim, Kantor Pemko Batam, Batam Centre, Rabu (24/02/2021).

Selain itu, rumah ibadah juga harus benar-benar menjalankan protokol kesehatan (protkes) yakni dengan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada setiap jamaah yang datang, menyediakan tempat cuci tangan, menyediaan hand sanitizer serta arahan menjaga jarak.

“Kenapa untuk Tarawih kita bolehkan sholat di mesjid, karena sebelumnya sholat lima waktu dan Sholat Jumat pun sudah kita boleh kan untuk dilaksanakan di mesjid dan musholla asalkan tetap menjaga Prokesnya,” ungkap Rudi.

Untuk diketahui, hari ini Rabu (24/2) Pemerintah Kota Batam melakukan rapat koordinasi bersama FKPD dan tokoh agama. Dalam rapat itu membahas perihal teknis pelaksanaan Ramadan, Takbiran, hingga Idul Fitri di Kota Batam selama masa pandemi Covid-19.

Selain itu, dalam rapat tersebut,
Rudi juga membahas terkait buka tutup tempat hiburan selama bulan suci Ramadan. Ada beberapa ofsi kesepakan yang diambil dengan formasi 3-1-3, tiga di awal, satu pertengahan, dan tiga diakhir bulan Ramadan.

“Ada juga ofsi 3-2-3 dan 2-1-2. Tapi kesepakatan Pemko Batam dan Disbudpar Kota Batam buka tutupnya, 3-1-3. Tiga di awal, satu pertengahan, dan tiga di akhir,” terang Walikota Batam, H M. Rudi.

Sementara itu, lanjut Rudi untuk sholat Idul Fitri 1442 H, dapat kita laksanakan secara berjamaah di ruangan terbuka, seperti lapangan dll. Namun untuk malam takbiran kita belum dapat memutuskan. melihat kondisi kasus Covid-19 di Kota Batam.

“Untuk Sholat aidul Fitri, kita sepakat untuk diadakan di luar dari masjid. akan tetapi kita akan beri jarak antara satu dengan yang lain. Namun soal takbiran masih belum diputuskan karena kita masih melihat Covid-19,” tutupnya.

Hadir dalam rapat tersebut, Kemenag Kota Batam Zulkanain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), tokoh agama, dan Forkopimda. (Wak Dol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here