Tanggal 24 Sampai 26 Juni. Saatnya Masa Tenang Pilkada

KEPULAUAN RIAU

TANJUNGPINANG, investigasipos – Masa Kampanye pilkada 2018 telah berakhir. Pada hari minggu tanggal 24 hingga hari selasa tanggal 26 juni 2018 telah di mulainya masa tenang, (24/6).

Istilah masa tenang itu sendiri telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) No. 2 Tahun 2018. Tentang Tahapan, Program, serta Jadwal Pilkada,” ucap Robby. usai debat berlalu.

Pada peraturan tersebut dituliskan penjelasannya sebagai berikut, ” Tanggal 24 sampai 26 juni 2018 adalah masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye. Kata, ” Robby.

Dalam PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye dalam Pilkada, pasangan calon dilarang berkampanye di masa tenang. Adapun ketentuan nya menurut pasal 51 sebagai berikut,

Pertama. ” Kampanye dilaksanakan 3 hari setelah penetapan pasangan calon peserta pemilihan sampai dengan dimulainya masa tenang.

Kedua. ” Masa tenang kampanye berlangsung selama 3 hari sebelum hari H dan tanggal pemungutan suara.

Ketiga. ” Pada masa tenang, pasangan calon dilarang melaksanakan kampanye dalam bentuk apapun,” jelas Robby. Jika ada laporan pelanggaran silakan masyarakat adukan ke Bawaslu.

Sementara itu robby juga memaparkan Ketentuan soal media. Kalau media, itu sudah diatur dalam BAB VI tentang Pemberitaan dan Penyiaran Kampanye.

Foto Robby (baju hutam)  Ketua KPU Kota Tanjungpinang

Dalam Pasal 54 ayat 4 berbunyi sebagai berikut:
“Selama masa tenang, media massa cetak, elektronik, dan lembaga penyiaran, dilarang menyiarkan iklan, rekam jejak partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon, atau bentuk lainnya yang mengarah kepada kepentingan kampanye yang menguntungkan atau merugikan pasangan calon,” ungkap robby.

Robby juga mengajak pada semua pihak kedua pasangan calon, agar memanfaatkan momen masa tenang ini sebaik mungkin. Supaya terciptanya suasana aman dan damai.

Kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang, saya menghimbau.” Gunakanlah hak pilih anda secara bijak dan benar jangan golput. Pilihlah pemimpin yang mampu dan baik untuk memimpin Tanjungpinang 5 tahun kedepan,” tutup Robby. (Sukur)

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *