Beranda Aparatur Terkait Penularan Virus Corona, Ombudsman Minta. Pemerintah Larang Masuk Warga China

Terkait Penularan Virus Corona, Ombudsman Minta. Pemerintah Larang Masuk Warga China

Terkait Penularan Virus Corona, Ombudsman Minta. Pemerintah Larang Masuk Warga China

Senin, 27 Januari 2020 | 10:55 WIB/ Kontributor Jakarta: Arianto/ Editor: Dery Arsanta

Investigasipos.com. JAKARTA – Terkait mengantisipasi masuk dan menularnya Virus Corona ke Indonesia, Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Laode Ida meminta pemerintah RI, agar mengeluarkan himbauan larangan masuk sementara bagi pekerja dan wisatawan asal China ke Indonesia.

Dikatakan laode, ini guna mengantisipasi persebaran virus corona yang pertama kali terdeteksi di negeri tirai bambu (china). Selain itu, tambah dia, pekerja asal China yang sudah telanjur berada di Indonesia sebaiknya segera didata.

Baca juga : Tips Pencegah Penularan Virus Corona dari Ka Dinkes Prov Kepri

Dan untuk memastikan mereka (pekerja asal China) aman dan terbebas dari virus Corona, Laode menyarankan harus ada pemeriksaan secara khsusus terhadap para pekerja asal china yang bekerja di Indonesia.

Persebaran virus ini menjadi persoalan serius yang harus diperhatikan pemerintah. Terlebih virus ini sudah menimbulkan korban jiwa baik di China, Singapura dan Thailand bahkan mulai memapar ke wilayah Indonesia.

“Agar warga Indonesia terhindar dari Virus Corona. Perlindungan terhadap kesehatan dan nyawa warga negara Indonesia adalah jauh lebih utama ketimbang membebaskan pekerja asal China atas nama Investasi,” tegas Laode.

Baca juga : Tentang Wabah Virus Korona, Taiwan Desak China Rillis Semua Informasi

“Virus ini sudah terbukti bersumber dari China, dan pemerintah Indonesia memiliki kewajiban untuk melindungi warganya dari bahaya kontaminasi dari virus yang kemungkinan dibawa oleh para pekerja atau para wisatawan China,” pungkasnya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Komisi Kesehatan Nasional China, virus corona memiliki kemiripan dengan virus SARS dan MERS yang juga bisa mengakibatkan kematian bagi penderita yang terkena virus tersebut.

Sejak diketahui sebagai wabah yang menyebabkan pneumonia, jumlah pasien yang terinfeksi terus bertambah. Hingga Senin pagi, Pemerintah China menyatakan, korban meninggal akibat wabah virus corona mencapai 80 orang dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi virus tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here