Beranda Berita Jabar Intruksikan Menteri Bangun Fasilitas Umum dll Pasca Gempa, Jokowi Dulang Apresiasi Masyarakat

Intruksikan Menteri Bangun Fasilitas Umum dll Pasca Gempa, Jokowi Dulang Apresiasi Masyarakat

Gesa Menteri PUPR Bangun Fasilitas Umum dll Pasca Gempa Bumi Cianjur, Presiden Jokowi Dulang Apresiasi Masyarakat

Sabtu, 10 Desember 2022
Kontributor Jawa Barat

JABAR l Investigasipos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono segera membangun kembali fasilitas pendidikan yang rusak akibat gempa bumi Cianjur.

Hal itu disampaikannya setelah melakukan peninjauan ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukamaju 1 di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, pada Kamis (08/12/2022) kemarin.

“Sudah saya instruksikan kepada Menteri PUPR untuk menyelesaikan pembangunan fasilitas pendidikan yang rusak akibat gempa Cianjur paling lama sekitar tiga bulan kerja
soalnya anak-anak harus sekolah,” ucap presiden Jokowi.

Presiden menuturkan, berdasarkan data yang diterima, saat ini ada sekitar 53 ribu rumah yang mengalami kerusakan, di antaranya 12.900 rumah rusak berat, 15 ribu rumah rusak sedang, dan 25 ribu rumah rusak ringan. Ada

“Saya sudah ke sini ke Kecamatan Cugenang sudah dua kali ini, jadi yang rusak berat memang di sini karena ini adalah pusatnya gempa. Kerusakan rumah, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan memang yang paling parah di Cugenang,” ujar Presiden.

Presiden juga menjelaskan saat ini pemerintah akan fokus pada kegiatan pembangunan kembali rumah dan fasilitas umum yang rusak akibat gempa bumi. Selain itu, untuk rumah dan fasilitas umum yang berada di zona merah pemerintah akan merelokasinya ke tempat yang lebih aman.

“Kalau untuk yang berada di zona merah, itu memang harus akan tetapi tetap saja perlu komunikasi sosial dengan masyarakat yang lebih intens terlebih dahulu. Untuk lokasi dan relokasi sudah kita siapkan dan kini sudah dibangun,” tutur Presiden.

Dalam kesempatan yang sama masyarakat korban gempa Cianjur juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Presiden Jokowi dan semua pihak yang telah membantu proses pemulihan dan rekonstruksi, rumah, Fasilitas Umum, dan Sekolah.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Pak Jokowi dan jajaran menteri serta Dinas, yang telah membantu pemulihan semuanya terutama sekolah kami,” ungkap Kepala SDN Sukamaju 1 Elis Fahriyah.

Hadir mendampingi Presiden dalam kegiatan ini Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Agus Subiyanto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Suntana, dan Bupati Cianjur Herman Suherman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here