Beranda Kelautan & Perikanan Bakamla RI Kembali Amankan 2 Kapal Ikan Asing Asal Vietnam

Bakamla RI Kembali Amankan 2 Kapal Ikan Asing Asal Vietnam

Foto: Indonesia.id, Ilustrasi Bakamla RI Kembali amankan 2 Kapal Ikan Asing Asal Vietnam

Jumat 30 Oktober 2020

Investigasipos.com| Kepri — Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia (RI) kembali mengamankan 2 buah Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam di Perairan Laut Natuna Utara.

“Kedua Kapal Ikan asal Vietnam tersebut ditangkap di sisi sebelah dalam wilayah overlapping claim dengan Vietnam, sekitar 30 NM arah selatan dari garis klaim vietnam,” ucap Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI, Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, dihadapan sejumlah awak media, Kamis (29/10/2020).

Dia menjelaskan, penangkapan bermula saat KN Pulau Nipah 321 melaksanakan patroli di Barat Laut Kepulauan Anambas ketika KN Pulau Nipah 321sedang melakukan operasi cegah tangkal.

Komandan KN Pulau Nipah 321, Letkol Bakamla Anto Hartanto, mengatakan, sebelumnya kedua Kapal Ikan Asing asal vietnam ini sempat mau melarikan diri. Kedua Kapal Ikan Asing tersebut tampak memutus jaring yang telah ditebar di perairan sekitarnya.

“Dengan sigap dan penuh. Perhitungan dan tanpa perlawanan, akhirnya kami (KN Pulau Nipah 321 red) berhasil mengamankan Kapal Ikan Asing asal Vietnam dengan nomor lambung TG 9583 TS dengan membawa serta 20 orang anak buah kapal dan palka yang berisi setengah muatan kapal dgn jenis ikan campuran,” tuturnya.

Kemudian tidak berselang lama, kembali KN Pulau Nipah 321 juga berhasil mengamankan Kapal Ikan Asing asal Vietnam lainnya dengan nomor lambung TG 9489 TS, dengan mengamankan lima orang ABK Kapal dan separuh muatan Kapal ikan campur hasil tangkapan ilegal mereka.

Untuk saat ini, Direktur Operasi Laut Bakamla, Laksma Bakamla Suwito, telah berkordinasi dengan pihak Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam untuk proses penyidikan lebih lanjut terhadap kedua kapal ikan asing tersebut.

“Kami telah berkordinasi dengan pihak Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam untuk proses penyidikan lebih lanjut terhadap kedua Kapal Ikan Asing tersebut,” tutup Direktur Operasi Laut Bakamla, Laksma Bakamla Suwito. (Wak Kur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here