Beranda Opini Keuntungan Hutan Mangrove Bagi Masyarakat Pesisir

Keuntungan Hutan Mangrove Bagi Masyarakat Pesisir

Penulis: Yosepine Fa’u, jurusan ilmu kelautan

Rabu, 28 April 2021

Investigasipos.com |
Di Indonesia hutan mangrove sangat banyak ditemukan diantaranya dapat kita jumpai diperairan Kepulauan riau (Kepri).

Hutan mangrove merupakan tumbuhan yang hidup diekosistem estuari dan sangat di pengaruhi oleh pasang surutnya air laut. Hidup di substrat berlumpur dan sangat berfungsi menjaga ekosistem yang ada didekat pantai

Untuk masyarakat yang tinggal dipesisir pantai berdekatan dengan mangrove, mereka sangat diuntungkan. Bukan saja bermanfaat, mangrove juga berfungsi sebagai pemecah ombak laut.

Dengan adanya hutan mangrove,  bisa menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat. Selain itu akarnya juga memiliki zat makanan yang dibutuhkan oleh biota- biota laut dan darat.

Mangrove juga memiliki  penyaring alami, akarnya yang cukup berlumpur dapat menguraikan berbagai macam limbah, baik itu limbah organik mau pun non organik.

Limbah-limbah ini terbawa oleh ombak dan di uraikan oleh akar akar hutan mangrove . akar hutan mangrove ini juga berguna sebagai penahan tanah pantai.

Sudah banyak masyarakat pesisir yang memanfaatkan pohon mangrove. Mulai dari membuat kerajinan tangan, membuat obat obatan hingga sebagai alat dasar bahan bangunan.

Dikatakan sebelumnya, hutan mangrove ini mampu membuat sebuah daratan karena akarnya yang berguna sebagai penahan tanah mampu menambah serta mengembangkan garis pantai yang baru dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Garis pantai tersebut akan bertambah membentuk sebuah kumpulan hutan mangrove baru, sehingga mampu memperluas daratan di suatu pulau tertentu.

Keuntungan seperti ini seharusnya mampu dioptimalkan masyarakat khususnya bagi penduduk yang tinggal disekitaran pesisir pantai demi membantu perekonomianya.

Di zaman yang semakin maju ini mereka bisa melihat bagaimana cara pembuatan atau cara penambahan nilai suatu barang atau produk yang akan dijual

Bukan sekedar menambah nilai guna, tetapi juga menambah kreativitas bagi para masyarakat pesisir yang tinggal di sekitar kawasan mangrove.

Dari pemaparan ini di harapkan masyarakat turut serta menjaga dan melestarikan hutan mangrove yang ada di sekitar tempat tinggalnya. agar kedepannya nanti anak cucu kita tetap dapat merasakan keuntungan dari hutan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here