Beranda Aparatur KSAL Ungkapkan Alasan Markas Koarmada I TNI AL Dipindah ke Kepri

KSAL Ungkapkan Alasan Markas Koarmada I TNI AL Dipindah ke Kepri

Selasa, 14 Juni 2022
Kontributor: Johan

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (Pt Rmol) 

JAKARTA l Investigasipos.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menggungkapkan alasan pemindahan Markas Komando Armada I (Koarmada I) dari Jakarta ke Tanjung Uban, Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut Yudo yang paling utama alasan pemindahan Markas Koarmada I ke Kab Bintan, Kepri adalah karena faktor konstelasi geogafris, dimana wilayah tersebut dianggap mempunyai kerawanan strategis.

Seperti, Perairan Sabang, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Natuna Utara, hingga Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) yang melintasi Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Sunda, Samudra Hindia.

“Apabila Koarmada I ada disana, ini lebih memudahkan dan lebih efisien. Nanti akan ada pangkalan kapal-kapal perang,” kata Yudo selepas memimpin serah terima jabatan di Komplek Satuan Kapal Koarmada I, Tg Priok, Jakarta Utara, Senin (13/6).

Selain itu pemindahan ini juga seiring dengan beroperasinya satuan baru hasil validasi organisasi TNI AL, yakni Koarmada Republik Indonesia (Koarmada RI) yang bermarkas di Jakarta.

“Kita menargetkan pemindahan markas ini pada 05 Desember 2022 mendatang atau bertepatan dengan peringatan Hari Armada,” ungkap Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

Nantinya, kita (TNI-AL red) akan memanfaatkan sarana dan prasarana yang sudah tersedia di Tanjung Uban misalnya, untuk mengisi kebutuhan prajurit Kormada I, kita akan tarik personel dari Pangkalan Utama Angkatan Laut Lantamal IV Tanjungpinang.

Selanjutnya bagi personel TNI- AL yang sebelumnya bertugas di Koarmada I akan mengisi pos-pos di Koarmada RI di Jakarta, kemudian kita akan menggeser Markas Lantamal IV/Tanjungpinang ke Batam.

Adapun Prajurit TNI AL yang sebelumnya bertugas di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam akan kita geser untuk mengisi pos di Lantamal IV.

“Jadi tidak secara besar-besaran sehingga lebih efektif, efisien karena sarana prasarana sudah memenuhi syarat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here