Momen HUT Bhayangkara ke-74, Argo: Polri Harus Semakin Responsif Melayani Masyarakat

Momen HUT Bhayangkara ke-74, Argo: Polri Harus Semakin Responsif Melayani Masyarakat

Kamis, 02 Juli 2020, 12.00 Wib

JAKARTA – Investigasipos.com. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono sebut, Dalam Rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-74, Polri  berkomitmen membenahi internal untuk menghadapi tantangan zaman yang kini semakin berat.

Apalagi saat ini Indonesia sedang menghadapi wabah covid-19 yang berdampak ke berbagai sektor, terutama kesehatan dan ekonomi. Polri akan terus membantu pemerintah memutus mata rantai penularan covid-19 ini.

Dampak Covid-19, memang menghadirkan banyak tantangan baru bagi kepolisian. Namun sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, polisi harus selalu berada di garis terdepan, membantu Pemerintah menangani pandemi covid-19.

“Kepolisian selalu siap membantu Pemerintah memutus mata rantai penularan covid-19,” ucap Argo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (01/07/2020)

Adapun salah satu contoh peran Polri dalam pandemi yaitu memastikan keamanan bagi jenazah pasien covid-19 agar tak ditolak masyarakat atau
diambil paksa oleh keluarga pasien Covid-19 tersebut.

Bahkan sebelumnya untuk mengantisipasi hal itu, Kapolri mengeluarkan Maklumat Nomor MAK/2/III/2020 yang diterbitkan pada 19 Maret 2020, tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19.

Bukan itu saja, Polri juga bergerak cepat dalam menjalankan instruksi maupun Maklumat Kapolri untuk mengawal bansos, BLT, dan lain-lain yang terdampak langsung dengan kepentingan masyarakat,” jelas Argo.

Polri berkomitmen akan melakukam pembenahan internal terutama di era teknologi saat ini. Informasi sangat memengaruhi soal pemeliharaan kemamanan dan ketertiban masyarakat.
Sekecil apapun aktivitas akan terendus oleh publik sehingga perlu pemantapan manajemen media.

“Kebijakan ini hadir sebagai sebuah kesadaran mulai dari tingkat Mabes Polri, Polda dan Polres, setiap anggota harus sadar dirinya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembentukan persepsi publik terhadap Polri secara keseluruhan,” terang Argo.

Argo katakan, sejak tahun 2014, tingkat kepuasan publik kepada Polri sudah bertambah dari 46,7 % menjadi 51,2 %. Pada 2015 meningkat menjadi 63,2 % dan di tahun 2017, dari 70,2 % meningkat mnjadi 82,9 %

Lalu pada Juni 2018, dari angka tersebut, Polri sadar belum menjadi lembaga yang sempurna dan menggangap perlu ada pembenahan internal untuk meningkatkan pelayanan.

“Saat ini tak ada pilihan bagi Polri, harus semakin responsif. Melayani masyarakat, lebih terbuka, transparan, dan tampil lebih muda, dan humanis,” tutur Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono.

Kontributor Jakarta: Johan. Pewarta: Muhamad Sukur

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *