Babinsa dan Babinkantibmas Se- Tpi, Ikuti Rembuk Aparatur Kel/ Desa

Poto Babinsa dan Babinkantibmas saat mengikuti acara Rembuk  Aparatur Kel/ Desa

TANJUNGPINANG. Investigasipos.com. Rembuk Aparatur Kelurahan dan Desa Tentang Literasi Informasi oleh Badan Nasional Penanggulan Teroris (BNPT) RI Melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Keprl di ikuti Seluruh Jajaran Babinsa 01 dan Babinkantibmas Polres Tanjungpinang di Ballroom Gardenian III, Lt 3 Hotel Aston, Jl. Adi Sucipto Km 11, Tanjungpinang. Senin, (8/4/2019).

Dengan tema, “Saring Sebelum Sharing”. Badan Nasional Penanggulan Teroris (BNPT) RI, melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kepri mengajak para Babinsa dan Baninkantibmas untuk lebih tanggap menyikapi situasi Tentang Literasi Informasi yang berkembang saat ini.

Hal ini perlu dilakukan, untuk mengantisipasi berbagai berita dari kabar yang benar atau tidak benar yang berupaya menyesatkan pemahaman bangsa.

“Saat ini kita tidak bisa terlepas dari Informasi media. Dengan menggunakan Gadget yang canggih, media menjadi kebutuhan dasar masyarakat dan sudah menjadi ‘Basic Life’ karena perkembangan zaman dan teknologi. Tapi untuk memahami informasi yang di dapat, baik Negatif maupun Positif tergantung pada penggunanya,” sebut Yanto Babinsa Batu IX, pada media ini.

Poto Yanto, Babinsa Batu 9 bersama rekannya Babinkantibmas di Hotel Aston

Menurutnya, media juga bisa menjadi tombak yang bisa membangun atau menghancurkan suatu kebangsaan. Oleh karena itu, kami selaku Babinsa dan Babinkantibmas yang lansung bersentuhan dengan masyarakat, harus mampu mengantisipasi hal ini sebaik mungkin.

Sebabnya tambah Yanto, jika dalam pemberitaan yang tidak benar di share setiap hari maka berita yang tidak benar bisa dianggap benar menurut orang yang membacanya. Dan ini dapat menjadi alat bagi kelompok radikal yang ingin mengganggu keutuhan Bangsa dan Negara, tutupnya.

Sementara itu, Ketua FKPT Kepri, Reni Yusneli dalam sambutan mengatakan, media kini sudah menjadi sebuah kebutuhan dasar di tengah tengah masyarakat, begitu luasnya kebutuhan itu, sehingga terkadang yang salahpun bisa jadi benar dan yang benar bisa disalahkan.

Poto Reni Yusbely, Ketua FKPT Kepri saat nemberikan sambutan

“Media sangat besar pengaruhnya,  jadi Jurnalis haruslah berhati hati. Karena semakin sering berita dimunculkan akan mempengaruhi keputusan politik hingga bisa merubah sebuah kebijakan,” jelas Reni Yusneli.

Menurut Ketua FKPT Kepri, dalam perkembangannya. Kelompok Radikalisme dan Terorisme ini, selalu saja memanfaatkan kemajuan teknologi. Beragam isu bisa menjadi sebab untuk berkembangnya kelompok radikalisme tersebut.

Untuk itu, lanjut Reni, pungsi media sangat efektif untuk mencegah terorisme dan sebaliknya.
“Teroris Indonesia maupun Internasional sudah menggunakan sarana ini. Sehingga menciptakan suatu opini terhadap suatu bangsa yang tidak sesuai dengan kebenarannya.” unggkap Reni dalam sambutan itu.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi I Bidang Pencegahan BNPT RI, Letkol Laut Setyo Pranowo, SH, MM pada sambutannya mengatakan, “Terorisme  tidaklah bisa kita kait kaitkan dengan agama, kebangsaan maupun budaya.

Poto, Deputi I Bidang Pencegahan BNPT RI, Letkol Laut Setyo Pranowo, SH saat gelar pendapat

Berlandaskan Undang undang No 5 Tahun 2018, Indonesia menggunakan dua pendekatan yakni, pendekatan lunak yaitu kontra radikalisasi, deradikalisasi, kesiapsiagaan nasional serta pendekatan keras yaitu penegakan hukum dan pembinaan kemampuan.

BNPT juga mengajak para peserta melihat dari pengalaman Indonesia menghadapi radikal terorisme, dengan mengangkat kasus-kasus terorisme selama 2 tahun belakangan ini. Contohnya Bom Sarinah Jakarta, Bom Panci Bandung dan 3 Bom Gereja Surabaya yang telah menjadi kasus terorisme di Indonesia dan menjadi tren diberita Nasional maupun Internasional,” jelasnya

Usai acara tersebut, Ketua FKPT Prov Kepri, Dra. Hj. Reni Yusnelli. menyerahkan Cindera Mata Kepada Deputi I Bidang Pencegahan BNPT RI. Letkol Laut Setyo Pranowo, SH, MM.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, M.Tp, Kasdim 0315/ Bintan, Mayor Czi Slamet Wahyudi, Kasat Binmas Polres Tpi, AKP Tasriadi, Mahasiswa, LSM, Ketua PWI Tanjungpinang, Zakmi, Seluruh Babinsa 01 dan Bhabinkamtibmas Polres Tanjungpinang.

(Wak Kur)

 

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *