Beranda Berita Batam Pol Airud Polda Kepri Berhasil Gagalkan Pengiriman 16 TKI Ilegal

Pol Airud Polda Kepri Berhasil Gagalkan Pengiriman 16 TKI Ilegal

Sabtu, 17 September 2022                      Penulis: Muhammad Sukur

Pol Airud Polda Kepri Berhasil Gagalkan Pengiriman 16 TKI Ilegal Ke Malaysia

BATAM l lnvestigasipos.com – Upaya pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal ke negeri jiran Malaysia, berhasil digagalkan Ditpolairud Polda Kepri. Ada 16 orang TKI diselamatkan dari kegiatan perdagangan manusia tersebut.

Rencananya 16 orang calon TKI ilegal itu akan diberangkatkan secara non prosedural ke megeri jiran Malaysia melalui pelabuhan tidak resmi,” ucap Direktur Polairud Polda Kepri, Kombes Pol. Boy Herlambang (17/9).

Boy mengatakan ke-16 orang calon TKI ilegal yang diamankan berasal dari sejumlah daerah. “Ada dari NTB (Lombok) dan ada yang berasal dari Sumatera Barat (padang) ungkap Direktur Polairud Polda Kepri.

Dia juga menjelaskan, dari hasil pengungkapan kasus tersebut, pihaknya mengamankan satu orang berinisial AW (30 tahun) yang diduga sebagai Bos penampung dan penanggung jawab TKI ilegal sampai berangkat.

AW adalah orang yang melakukan pengurusan, mengambil keuntungan dari setiap calon TKI ilegal sebesar Rp2,4 juta. Dari hasil keterangannya, kegiatan ini sudah beberapa kali ia lakukan,” kata Mantan Kapolres Kabupaten Bintan ini.

Selanjutnya dari penangkapan itu kepolisian juga berhasil menyita berbagai barang bukti berupa sebuah ponsel, empat lembar uang Rp100 ribu, pecahan uang ringgit Malaysia, dan satu unit kendaraan roda empat.

Sementara ini, pelaku kami jerat Pasal 81 junto Pasal 69 junto Pasal 83 junto Pasal 68 UU No. 18/2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, sebagaimana diubah dengan UU No. 11/2020 Tentang Cipta Kerja junto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here