Reja: Akibat Pandemic, Murid-murid Sekolah dan Mahasiswa Tak Dapat Belajar Dengan Maksimal

Reja: Akibat Pandemic, Murid-murid Sekolah dan Mahasiswa Tak Dapat Belajar Dengan Maksimal

Sabtu, 27 Juni 2020, 22.00 Wib

TG-PINANG – Investigasipos.com. Ketua Forum Komunikasi Jurnalis Peduli Pendidikan Provinsi Kepri, Reza Fahlepi sebut, kegiatan pendidikan di Indonesia, Khususnya di Provinsi Kepri saat ini semakin melemah.

Hal itu disebabkan dampak dari mewabahnya Covid-19. sehingga mengakibatkan murid-murid  sekolah dan mahasiswa tak dapat belajar dengan maksimal, meskipun ditopang dengan pola belajar jarak jauh.

“Indonesia, khususnya di Provinsi Kepri saat ini memang sedang menghadapi darurat pendidikan. Kenapa darurat, karena anak-anak kita tidak bisa belajar dengan baik dan maksimal,” ucap Reja pada Investigasipos.com (27/06/2020).

Baca juga : Kadisdik Kepri: Peserta Didik Tak Perlu Datang Kesekolah, Cukup akses http://provinsikepri. siap-ppdb.com.

Dari pantauan kami di lapangan terlihat, penerapan pendidikan jarak jauh yang dilaksanakan belum efektif. Sulitnya, tidak semua sekolah dapat menyelenggarakan pendidikan jarak jauh tersebut.

Apalagi jika fasilitas sekolahnya tidak mencukupi, atau orangtua murid yang tidak punya pulsa untuk mengakses internet,” ujar Ketua Forkom Jurnalis Peduli Pendidikan Provinsi Kepri ini.

Akibat pandemi ini, banyak juga sekolah swasta yang kolaps, karena orangtua murid tak mampu untuk membayar SPP dan lain-lain.

Baca juga : Kadisdik TPI, Ada 4 syarat Jika Ingin Memulai Masuk Sekolah Disaat Pandemi

Parahnya lagi, akibat pandemi juga dapat berpengaruh pada perkembangan gizi anak karena penghasilan orangtua menurun dan tak mampu untuk membeli kebutuhan makanan yang bergizi

“Pendapatan orangtua menurun akhirnya tidak bisa memberikan makanan yang bergizi pada anak-anaknya. Dan resikonya semakin banyak anak-anak yang masuk pada fase yang disebut stunting.

“Berkurangnya asupan gizi juga dapat menyebabkan anak-anak tidak dapat menerima ilmu pengetahuan dengan baik,” pungkasnya.

Pewarta: Muhamad Sukur

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *