Didorong Copot Menkumham, Wawan: Pencopotan Yasonna Merupakan Ujian Bagi Presiden Jokowi

Didorong Copot Menkumham, Wawan: Pencopotan Yasonna Merupakan Ujian Bagi Presiden Jokowi

Jumat, 31 Januari 2020. 12.00. Wib/ Kontributor: Aruanto/ Editor: Muhamad Sukur

Investigasipos.com. JAKARTA – Permasalahan dampak dari kesimpangsiuran Informasi terkait keberadaan Harun Masiku, berimbas pada dorongan terhadap Presiden Joko Widodo untuk mencopot Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Salah satunya datang dari Manajer Riset Transparency International Indonesia Wawan Heru Suyatmiko. Ia mengatakan, pencopot Yasonna merupakan ujian bagi Presiden Jokowi untuk membuktikan komitmennya dalam pemberantasan korupsi di negeri ini.

“Komitmen terhadap pemberantasan korupsi itu bisa ditunjukkan hari ini dengan cara lulus enggak ujian untuk mencopot Yasonna Laoly,” kata Wawan dalam konferensi pers di Kantor TII, Kamis (30/0120) kemarin. (dilansir dari INews)

Wawan katakan, Yasonna patut dicopot dari Menkumham setelah memberikan informasi tidak benar terkait keberadaan Harun Masiku. Ia menilai, pencopotan Dirjen Imigrasi Ronny Sompie oleh Yasonna dan pembentukan tim independen di Kemenkumham terkait polemik Haru Masiku tidaklah cukup.

Wawan juga mengusulkan, alangkah baiknya jika Jokowi yang membentuk tim independen sehingga tim tersebut memeriksa yang bersangkutan dengan menonaktifkan Yasonna Laoly atau mencopot Yasonna Laoly,” kata Wawan.

Sebelumnya dorongan serupa juga dilontarkan oleh Peniliti ICW dan Kontras.

Kemudian Yasonna dilaporkan ke KPK oleh Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi atas dugaan merintangi penyidikan kasus Harun Masiku karena sempat memberi informasi yang tidak valid soal keberadaan Harun.

Yasonna juga dikritik ketika ia menghadiri konferensi pers pembentukan Tim Hukum PDI-P terkait kasus Harun Masiku

Recommended For You

Redaksi

About the Author: Redaksi

Media Investigasi Groups. Powered by Perwinsus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *