Beranda Berita Tanjungpinang Waspada Virus Corona, Bobby Jayanto Minta. Perketat Penjagaan Turis Masuk ke Kepri

Waspada Virus Corona, Bobby Jayanto Minta. Perketat Penjagaan Turis Masuk ke Kepri

Waspada Virus Corona, Bobby Jayanto Minta. Perketat Penjagaan Turis Masuk ke Kepri

Investigasipos.com. TPI (Kepri). Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Bobby Jayanto, meminta. Petugas pelabuhan seperti Karantina Kesehatan dan lainya agar lebih memperketat penjagaan terhadap turis yang masuk ke Kepri.

Hal ini disampaikannya, guna untuk mengantisipasi/ mencegah masuknya virus baru menyebabkan wabah SARS dan MERS yang mematikan dari Kota Wuhan, China Tengah ke Prov Kepri.

“Semua pintu masuk turis harus dijaga ketat oleh Petugas Karantina Kesehatan. Mulai dari bandara dan pelabuhan tetap waspada,” kata Bobby saat duduk bersama dengan masyarakat diakau potong lembu. (18/01/2020).

Bobby juga menjelaskan, virus Corona pertama kali ditemukan di Wuhan. Dan sudah menyasar banyak negara di Asean. Jadi untuk mengantisipasi hal itu. maka sudah selayaknya lah kita harus tetap waspada.

“Sebelum terjadi dan masuk ke Kepri, kan alangkah baiknya kita waspada dan tetap berjaga,” tutur Bobby.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap lebih dari 50 kasus pnemonia di kota Wuhan, China Tengah, kemungkinan disebabkan oleh jenis baru dari virus yang menyebabkan wabah SARS dan MERS mematikan.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (09/01), WHO mengatakan, mereka membutuhkan informasi yang lebih lengkap untuk memastikan secara tepat jenis patogen penyebab infeksi, yang mana menyebutkan virus corona baru sebagai salah satu kemungkinan.

Berdasarkan hasil laporan dari China Central Television (CCTV), pada 07 Januari 2020 lalu, pihak laboratorium telah mendeteksi tipe baru dari virus corona. Hal tersebut dikutip berdasarkan hasil tes patogen dari kelompok pakar penilaian awal yang lebih meyakinkan.

Coronavirus merupakan jenis “keluarga besar” virus yang dapat menyebabkan infeksi, mulai dari flu biasa hingga SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang merupakan sindrom pernapasan akut parah.

Jenis coronavirus baru yang menyebabkan wabah ini berbeda dari coronavirus manusia yang ditemukan sebelumnya, dan untuk pemahaman lebih lanjut tentang virus ini, diperlukan sebuah penelitian yang lebih ilmiah.

Jenis virus pnemonia ini telah menginfeksi puluhan orang dan membuat seluruh Asia waspada. Bahkan, kasus infeksi virus corona dari Wuhan ini telah menyusur masuk ke jepang, Vietnam dan Thailand.

Dikabarkan, saat ini ada dua pasien asal Tiongkok telah dikarantina sejak Senin lalu di Kota Bangkok (Thailand).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here