Beranda Aparatur Jokowi Minta, Penyaluran Jaring Pengaman Sosial Saat Covid-19 Berjalan Efektif & Tepat...

Jokowi Minta, Penyaluran Jaring Pengaman Sosial Saat Covid-19 Berjalan Efektif & Tepat Sasaran

Jokowi Minta, Penyaluran Jaring Pengaman Sosial Saat Covid-19 Berjalan Efektif & Tepat Sasaran

Selasa, 07 April 2020, 13.00 Wib/ Kontributor: Arianto/ Editor: M. Sukur

Investigasipos.com. JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta agar penyaluran Jaring Pengaman Sosial bagi masyarakat saat pandemi Virus Corona (Covid-19) berjalan efektif. Karena itu, penyalurannya harus tepat sasaran.

Ungkapan tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) mengenai efektivitas penyaluran program Jaring Pengaman Sosial melalui teleconference dari Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (07/04/2020).

Saat menyampaikan ucapan pengantar, Presiden Jokowi menegaskan bahwa program-progrm ini penting bagi rakyat.  Dan dia juga menekanan kepada tiga hal dalam pelaksanaan program tersebut di antaranya yaitu,

Baca juga : Revisi UU ASN Disetujui DPR, Jutaan Honorer di Indonesia Bakal Diangkat Jadi PNS 

Pertama, pelaksanaannya mestilah melibatkan RT/RW, pemerintah desa dan pemerintah daerah.  Harus pula tepat sasaran, data juga dari kelompok penerima manfaat (KPM) by name, by adress. Sehingga bantuan ini betul-betul tepat,” ungkap Jokowi.

Kedua, penyalurannya harus sesegera mungkin, secepat mungkin, tepat, dan cepat. Dan yang Ketiga, mekanisme penyaluran jaring pengaman sosial ini dilakukan seefisien mungkin, gunakan cara-cara praktis, tidak berbelit-belit, dan menyulitkan masyarakat.

“Rancanglah mekanisme yang bisa melibatkan sektor usaha mikro usaha kecil seperti, pedagang sembako di pasar, jasa transportasi ojek dan lain sebagainya,” ucap Presiden Jokowi.

Baca juga : Jokowi Ajak Pemimpin G-20 Bersama-sama, Perangi Covid-19 dan Melawan Pelemahan Ekonomi Dunia

Presiden berharap program ini dapat menggerakkan usaha-usaha yang berada di bawah. Dengan mengikutsertakan usaha-usaha yang di bawah tersebut untuk bersama-sama dengan kita, agar juga ekonomi di bawah ikut bergerak.

Dalam ratas Jokowi juga menekankan agar program bantuan sosial tambahan turut disiapkan, khususnya bagi warga Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Bantuan itu akan disalurkan kepada 3,7 juta keluarga yang terdiri 1,1 juta rekomendasi Pemprov DKI Jakarta dan 2,6 kuta warga berasal dari pendataan pemerintah pusat.

Bantuan sosial tambahan ini merupakan bagian dr program jaringan pngaman yg telah dirumuskan pemerintah pusat untk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” pungkas Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here