Beranda Aparatur Oknum TNI Penjual Senjata dan Amunisi ke KKSB Papua, Divonis Penjara Seumur...

Oknum TNI Penjual Senjata dan Amunisi ke KKSB Papua, Divonis Penjara Seumur Hidup

Oknum TNI Penjual Senjata dan Amunisi ke KKSB Papua, Divonis Penjara Seumur Hidup (Pt. Kompas)

Jumat, 13 Maret 2020, 12.00 WIB/ Kontributor: Oktovianus/ Editor: M. Sukur

Investigasipos.com. PAPUA – Pengadilan Militer III-19 Mahmil Jayapura menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada Pratu Demisla Arista Tefbana (28 tahun) karena terbikti menjual amunisi dan senjata api ke Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB).

“Memutuskan, menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada Pratu Demisla. Terdakwa jg diberhentikan dari kedinasan militer TNI Angkatan Darat,” ucap Hakim Ketua Letnan Kolonel Chk Agus P Wijoyo, Kamis 12 maret 2020 kemarin.

Sebelum menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada Pratu Demisla. Hakim anggota Mayor Chk Dendy Suryo Saputro mengatakan, penjualan senjata dan amunisi oleh tersangka, uangnya hanya digunakan untuk berfoya-foya.

Sementara itu dalam persidangan Pratu Demisla mengaku memasok amunisi dan senjata api untuk KKB melalui Moses Gwijangge. Dan Demisla mengenal Moses saat bergabung dalam pasukan pengamanan daerah rawan di Jita, Kabupaten Mimika.

Moses yang kabur bersama satu pucuk senjata api saat itu menerima 1.300 butir amunisi yang dibelinya dengan harga Rp 100.000 per butir, sedangkan senpi dibelinya dengan harga Rp 50 juta. Sementara itu, ribuan amunisi dan senpi itu diperoleh Demisla dari rekannya dengan alasan untuk berburu.

Sebelumnya, Mahmil III-19 juga sudah menjatuhkan vonis kepada tiga mantan anggota TNI-AD lainya yang terbukti menjual 13.431 butir amunisi ke KKSB, pada Selasa 11 Februari 2020 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here