Beranda Berita Korupsi Satu Tahun Bekerja, KPK Selamatkan Potensi Kerugian Negara Rp 592

Satu Tahun Bekerja, KPK Selamatkan Potensi Kerugian Negara Rp 592

Foto: Ketua dan Wakil ketua KPK

Selasa, 29 Desember 2020

Investigasipos.com| Komisi Pemberantasan Korupsi melalui Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengatakan. KPK telah berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara hingga Rp. 592 triliun. Capaian itu diraih selama satu tahun bekerja.

Menurut Ghufron, capaian tersebut melebihi kinerja lima tahun KPK era sebelumnya yakni era Agus Rahardjo yang mana selama lima tahun menyelamatkan kerugian negara Rp. 63,4 triliun.

“Hasil pencegahan yang dilakukan KPK selama setahun bekerja telah menyelamatkan potensi kerugian negara mencapai Rp. 592 triliun. Jauh melebihi lima tahun kinerja periode sebelumnya,” ujar Ghufron kepada wartawan. Selasa (29/12)

Bukan saja telah bekerja exstra, hasil tersebut juga menjawab kritikan dari Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyebut KPK saat ini melemah bahkan dalam hal penindakan. Sudah seharusnya ICW melihat hal-hal kecil yang dilakukan KPK saat ini,” sebut Ghufron.

“ICW semestinya juga melihat pergerakan di tengah covid 19 di mana lembaga-lembaga negara melambat bahkan off, KPK dengan kekuatan terbatas (25 persen SDM) yang bekerja, mampu mengawal dana covid-19 tersebut hingga mencapai hasil optimal,” tukasnya.

Sementara itu, menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD mengatakan. Kinerja KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri jauh lebih baik daripada KPK dibawah kepemimpinan Agus Rahardjo pada masa tahun pertama.

Menanggapi hal tersebut, ICW mempersilakan Mahfud untuk melihat data kinerja KPK era Agus Rahardjo dan Firli Bahuri agar data yang dibandingkan valid dan sesuai dengan realita. (Wak Kur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here