Beranda Berita Jakarta Survei Indo Barometer,  Mayoritas publik setuju Pindah Ibu Kota

Survei Indo Barometer,  Mayoritas publik setuju Pindah Ibu Kota

Survei Indo Barometer,  Mayoritas publik setuju Pindah Ibu Kota
Senin, 17 Februari 2020, 17:05 Wib/ Kontributor: Arianto/ Editor: M. Sukur

Investigasipos.com. JAKARTA – Hasil survei Indo Barometer menunjukkan mayoritas publik di Indonesia setuju dengan rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Dalam survei yang dilakukan terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia itu, sebanyak 53,8 persen mengaku setuju jika Jakarta tak lagi mnjadi pusat pemerintahan dan 30,4 persen tak setuju serta sebanyak 15,8 persen respon tidak menjawab.

Baca juga : Jokowi Sebut, Pembangunan Ibu Kota Baru Tak Butuh Pinjaman

Ada beberapa alasan yang paling dominan kenapa masyarakat Indonesia ingin Ibu Kota itu pindah diantaranya adalah, karena ingin mengurangi kepadatan penduduk di Jakarta, pemerataan pembangunan, menekan kesenjangan ekonomi dan wujud keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, dari 30,4 persen responden yang tidak setuju untuk pemindahan Ibu Kota antara lain dikarenakan, jangkauan pemerintah pusat terlalu jauh, dan ongkos biaya pindahnya juga mahal.

Baca juga : Didepan Wapres, Ketua PBNU Said Aqil Siroj. Kritik Beberapa Kebijakan Pemerintah

Selain melakukan sigi pada respon publik atas pemindahan ibu kota, Indo Barometer juga melakukan survei untuk mencari tau apa alasannya Kalimantan Timur dipilih sebagai calon pusat negara.

Lalu sebanyak 47 persen responden menyatakan setuju Kaltim jadi ibu kota dengan alasan utama yakni wilayahnya sangat luas, jarang penduduk, berada di tengah Indonesia, kaya sumber daya alam, dan dekat dengan perbatasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here