Beranda Hukrim Ini Pesan dan Masukan, Tito. Buat Kapolri Baru

Ini Pesan dan Masukan, Tito. Buat Kapolri Baru

Ini Pesan dan Masukan, Tito. Buat Kapolri Baru

Investigasipos.com, Jakarta. Mantan Kapolri, Tito Karnavian yang saat ini menjabat Menteri Dalam Negeri memberi sejumlah masukan kepada Kapolri yang baru saja dilantik, Jenderal (Pol) Idham Aziz. Jum’at (01/11/2019).

Menurut Tito, tugas seorang Kapolri tidaklah mudah karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Berkaca dari pengalamannya selama tiga tahun ini memimpin Korps Bhayangkara. Menjadi Kapolri tidaklah gampang.

Ia juga mengatakan, Kapolri yang baru nantinya harus mengurusi 450 ribu anggota di internal Polri. Belum lagi, mengelola 43 Polda, lebih dari 500 Polres, dan hampir 5.000 Polsek yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Kapolri yang baru nantinya harus mengurusi 450 ribu anggota di internal Polri. Belum lagi, mengelola 43 Polda, lebih dari 500 Polres, dan hampir 5.000 Polsek yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” terang Tito.

Selain itu, Kapolri di bawah komandonya juga harus memimpin pelaksanaan tugas pokok pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. “Sambil juga pelayanan kepada publik, tambah Tito memaparkan.

Karena itu, Tito menilai urusan penegakan hukum bukanlah perkara mudah bagi Kapolri yang baru (Idham Azis) Sebab, Indonesia memiliki corak pluralistik dan demokrasi yang cenderung bebas.

Idham pun harus menyelesaikan berbagai persoalan ideologis dan politis di dalam negeri serta mengamankan Pilkada tahun depan yang melibatkan 270 wilayah di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, permasalahan kejahatan-kejahatan konvensional, seperti perampokan, begal, illegal logging, illegal fising dan masalah lingkungan. itu juga merupakan hal prioritas yang harus segera dituntaskan. Kompleks sekali yang harus kita sikapi, “tutup Tito.

(Johan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here