Beranda Internasional Arab Saudi, Minta Pertanggungjawaban Iran. Atas Peningkatan Jumlah Kasus Virus Corona Didunia

Arab Saudi, Minta Pertanggungjawaban Iran. Atas Peningkatan Jumlah Kasus Virus Corona Didunia

Arab Saudi, Minta Pertanggungjawaban Iran. Atas Peningkatan Jumlah Kasus Virus Corona Didunia

Jumat, 6 Maret 2020, 17.00 WIB/ Kontributor Kompas/ Editor: M. Sukur

Investigasipos.com – Pemerintah Arab Saudi hari ini mengatakan, Iran harus bertanggung jawab terhadap peningkatan jumlah kasus virus corona yang tersebar di seluruh dunia, Kamis 05 Maret 2020 kemarin

Pasalnya, sebuah sumber resmi menuduh Iran telah melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab, mengizinkan warga Saudi masuk ke Iran tanpa membubuhkan cap di paspor mereka selama virus corona merebak.

Pejabat Iran mengatakan, sebanyak 107 orang tewas akibat virus corona Namun, para ahli independen mengatakan, jumlah korban di Iran seharusnya lebih tinggi di tengah tuduhan negara itu menutupi skala penuh epidemi virus corona.

Baca juga : Terkait Berita Virus Corona, KPI Minta Media Proporsional Dalam Penyiaran

Saat ini lima orang di Arab Saudi telah terdiagnosis memiliki virus corona. Tiga kasus orang terinfeksi berasal dari Iran melalui Bahrain, sedangkan yang keempat baru kembali dari Kuwait dan dia menginfeksi istrinya.

Sumber resmi dari Pemerintah Arab Saudi memaparkan bahwa tindakan tersebut harus dipertanggungjawab- kan oleh Iran. Perilaku seperti itu menimbulkan ancaman kesehatan yg serius bagi komunitas msyarakat internasional dn melemahkan upaya internasional dlm memerangi Covid-19.

Sumber resmi itu mendesak semua warga Saudi yang baru kembali dari Iran untuk segera menghubungi kementerian kesehatan dan bagi warga negara Saudi di Iran saat ini juga harus segera melaporkan perjalanan mereka terkait kapan mereka tiba di Iran dan kapan akan kembali ke Arab Saudi.

Baca juga : Soal Virus Corona, Bobby Ingatkan. Jaga Pola Hidup Sehat

Warga Saudi yang melaporkan perjalanan mereka ke Iran dalam waktu 48 jam tidak akan dikenakan hukuman dokumen prjalanan. Pihak kerajaan Arab Saudi hanya ingin memastikan keselamatan semua warga negara Saudi yang baru mengunjungi Iran dengan memberi mereka kesempatan.

Kerajaan Saudi juga bertekad akan melindungi keluarga para warga Saudi yang telah melakukan perjalanan ke negara-negara terjangkit virus corona. Seterusnya, warga Saudi juga akan dilarang untuk bepergian ke Iran. Jika tetep melakukannya akan diberi sangsi.

Swlain itu, sumber resmi inipun juga meminta kepada Pemerintah Iran untuk mengungkapkan identitas warga negaranya yang secara ilegal telah mengunjungi Iran pada 01 Februari lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here